05 January 2012

Kalau membahas kelebihan Android pasti sudah banyak dimana-dimana, terutama iklan. Tapi sebelum itu, sedikit informasi tentang makanan jenis apakah Android ini?

Android adalah perangkat lunak atau software sistem operasi yang banyak terdapat pada perangkat mudah alih seperti ponsel pintar, komputer tablet dan iPad. Sama seperti sistem operasi Windows ataupun Linux, Android juga memiliki seperangkat program yang mengelola sumber daya ponsel pintar, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak lain seperti pengolah kata (Word, Excel, Power Point) pengolah musik, video, gambar, internet, dan lain-lain. Tanpa sistem operasi Android, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada ponsel pintar atau iPad mereka.



Android dibuat berdasarkan format dari Linux, yang dikhususkan untuk perangkat mudah alih tadi, dan dikembangkan oleh Google. Keunikan Android adalah Google secara aktif terus menerus mengembangkan dan mempromosikan OS Android sekaligus memberikan hasilnya secara gratis kepada perusahaan-perusahaan pembuat perangkat keras mudah alih tadi. Berbeda dengan Windows yang terdapat didalam komputer dan juga Windows Phone yang terdapat didalam beberapa ponsel pintar, OS Windows tidaklah gratis.

Android juga secara legal dan bebas, dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan perusahaan pembuat perangkat keras tadi. Terdapat perangkat lunak Software Development Kit (SDK) untuk Android yang dapat dikembangkan oleh siapa saja untuk kemajuan dan kemudahan sipemakai atau sipenjual perangkat mudah alih tadi.

Google sepertinya tidak memiliki keuntungan apa-apa dalam pembagian hak paten pembuatan OS Android ini, namun itu akan kita bahas nanti. Sedangkan bagi perusahaan pembuat perangkat mudah alih, keuntungan itu bisa didapat dengan mudah dari penjualan perangkat keras mereka seperti ponsel pintar dan iPad. Begitu perusahaan atau pribadi yang menciptakan software-software yang bisa berjalan didalam sistem Android, seperti software pemutar musik, editing foto, pengolah video, pengetikan Word, Excel, presentasi, bahkan game. Karena Android diciptakan oleh Google, maka tidak salah jika seluruh produk Google seperti mesin pencari, email dari Gmail, website editor dari Blogspot, dan lain-lain terintegrasi sepenuhnya didalam Android.

Android begitu nikmat dikonsumsi bagi para pendengar iklannya, sehingga lupa bahwa layanan sehebat itu sebenarnya membutuhkan banyak dukungan terutama jaringan internet, dan karena kita tinggal di Indonesia, yang memiliki layanan penyedia jaringan internet yang buruk, maka anda pasti akan mendapatkan berbagai macam kendala dalam menggunakan perangkat berbasis Android.

Tidak didukung sepenuhnya oleh Microsoft Office untuk pengembangan software pengolah dokumen seperti Word dan Excel pada komputer. Memang terdapat aplikasi yang bernama "Office To Go" didalam Android, tetapi anda pasti lebih memilih menggunakan komputer kerja daripada iPad atau Ponsel pintar anda untuk membuat dokumen. Fitur yang diberikan Office To Go sangatlah minim, ibarat makan nasi tanpa garam apalagi lauk dan sayurnya.

Karena Android dikembangkan secara terbuka dan gratis, begitu juga beberapa software yang dibuat serta dimodifikasi oleh pengembang, maka tak pelak OS Android menjadi magnet bagi para pembuat software Malware, yaitu software-software yang hanya berisi tipuan promosi dan iklan untuk menarik uang anda dari dalam kartu kredit. Malware gratis tersebut tersebar banyak sekali dikalangan pengguna Android. Software tipuan tersebut bukan masalah sepele, pembuat malware bisa membuat virus yang tugasnya mengirimkan SMS premium yang menyedot pulsa ponsel pintar anda, atau virus ini dapat mengumpulkan informasi-informasi kartu kredit melalui transaksi online yang anda gunakan didalam perangkat Android. Ingat, Android itu gratisan, siapa saja bisa membuat software apa saja untuk Android termasuk virusnya. Anda mencoba memasang antivirus didalam Android? Apakah antivirus tersebut beneran atau justru tipuan virus juga? Mau melawan virus tapi dibohongi oleh virus juga? Tertipu dua kali namanya...

Karena Android adalah hal baru dalam dunia tekhnologi informasi, sudah dipastikan anda harus "kursus komputer" kembali untuk mempelajari seluk beluk sistem operasi Android. Jika anda penggemar berat Windows XP dan belum terbiasa dengan Windows 7, apalagi Linux Android, maka menu antarmuka Android akan menjadi tidak mudah dipahami, bisa jadi ponsel pintar Android anda lebih pintar daripada anda sendiri.

Sama seperti Balckberry dari RIM, yang memakan habis pulsa internet serta isi baterai ponsel pintar anda. Android juga akan selalu membutuhkan koneksi internet untuk bekerja maksimal. Dalam prosesnya, koneksi yang tanpa henti tersebut akan menyedot habis seluruh isi tenaga didalam baterai. Walaupun dalam masalah pulsa internet anda masih bisa bernafas sedikit lega dengan paket internet unlimited, tetapi operator penyedia internet tanpa batas kita di indonesia ini masih sangat pelit dalam hal kecepatan berinternet.

Lalu, apakah ponsel pintar dan iPad mahal yang memiliki sistem operasi Android masih layak anda lamar dengan maskawin jutaan rupiah? Tergantung anda lagi tentunya, jika memang anda matrealis dan ingin gaya-gayaan saja, tidak ada salahnya asalkan uang yang digunakan adalah milik sendiri bukan korupsi. Atau memang sudah kebutuhan anda dan memahami betul kemampuan serta kekurangan perangkat Android tersebut, maka layak dicoba. Tapi dari pribadi saya, sebelum dukungan kecepatan serta kestabilan internet di indonesia masih belum memuaskan seperti halnya layanan internet luar negeri, menurutku hanya barang mewah yang mubazir.

Leave a Reply

Komentar yang diberikan disini adalah tanggapan pribadi masing-masing penulisnya, dan tidak mewakili kebijakan redaksi blog ini

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Copyright tidak berlaku dan gratis. Powered by Blogger.

Google+ Followers

Pengikut

Selamat pagi, siang, sore dan malam

KOMENTAR TERBARU

TULISAN TERBARU

- Copyright © CITIZEN JOURNALISM -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -